Saturday, April 04, 2015

Day 06 Lari Aceh Jakarta 2015

Day 06, Sabtu, 4 Maret 2015 (Rute: Bireun - Lhokseumawe)

Pagi ini Iwan meninggalkan kota Bireun setelah semalam sempat menginap di rumah seorang teman, Refli.
Bahar, sabahat Refli, menginformasikan bahwa jam 7 pagi Iwan telah melanjutkan perjalanan kembali dengan target tujuan kota Lhokseumawe yang berjarak sekitar 57 km dari Bireun.
Di rumah kontrakan Refli, Bireun

Start kembali menuju Lhokseumawe

Berikut ini beberapa isi sms yang dikirimkan Iwan kepada saya.
09.28: Insya Allah hari ini nanti nyampe Lhokseumawe. Jarak Banda Aceh - Lhokseumawe kurang lebih sama dengan Jakarta - Cirebon. Cuma bedanya di sini ada tanjakan gunung Seulawah.

09.36: Gw di Gandapura, 32km dari Lhokseumawe. Jarak segitu kalo gowes sepeda paling sejam lebih. Tapi kalo lari bisa sampe sana sore. Karena tantangan cuaca panas, ditambah rest siang.

11.33: Lelaki tua berkain sarung lusuh berpeci...tertatih pelan menuntun sepeda ontelnya yang sama lusuhnya. Ia lewat di depanku yang tengah beristirahat sambil menghikmah lelah dan panasnya cuaca. Dia terus melangkah dengan pandangan kosong, tak tau apa yang kan terjadi dengan hidupnya. Lelaki tua itu adalah renungan hati. Semoga sisa hidupnya masih ada senyuman. Lelaki tua itu nanti mungkin aku sepertinya.

12.51: Tadi gw tumben tengah hari gw lumayan kenceng. Padahal panasnya luar biasa.

14.32: Aceh lagi panas banget, gw yakin kalo telor mentah di taro di aspal, setangah jam bakal mateng!

15.45: Kalo lagi lari kayak gini, liat orang naik sepeda aja ngirinya minta ampun, biar panas menyengat tapi gowes sepeda tetap stabil.

16.25: Gw udah masuk wilayah kota Lhokseumawe.

18.03: Lhokseumawe 0km, tinggal 4 km lagi.

18.35: Sebenarnya ada mapala di Lhokseumawe. Tapi masuk ke dalam jauh dari jalan utama. Jadi, gw stop di SPBU aja.

19.59: Adzan Isya menenangkan otak dan dengkul. Malam nyanyian syahdu sang jangkrik.

20.05: SPBU di Aceh enak banget. Mau mandi atau buang air bebas nggak ada palakan tukang jaga toilet seperti di Jawa.

20.10: kalo lagi petualangan edan gini, otak ama dengkul sama-sama puyeng mikir...hehehe

21.15: Gw nggak jadi nginep di SPBU. Gw nginep di Mess Kantor Lelang.