Friday, June 08, 2007

Polygon Journey: Jakarta-Denpasar-Jakarta

(dikisahkan secara singkat oleh Kuwats)

Selasa, 5 Juni 2007 merupakan hari ke-14 perjalanan Iwansunter. Pagi itu ia mengayuh dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju kota Situbondo untuk memenuhi janji dengan seorang sahabatnya setelah beberapa hari sebelumnya ia menuntaskan misinya di Bali. Sore hari, ia bersama Handoko, Ketua Mapala Baluran Univ Abdurrahman Saleh menuju pos pendakian di kaki gunung Ringgit yang terletak di sebelah barat kota Situbondo. Rabu pagi Iwan dan Handoko mendaki gunung Ringgit. Tentu saja dalam pendakian kali Iwan pun menyertakan sepeda Polygon yang ia kayuh selama ini. Menurut Iwan ia membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk mencapai puncak. Iapun menuturkan bahwa di gunung Ringgit terdapat tanjakan terjal yang mencapai sudut kemiringan hampir 90 derajat. Sedemikian terjalnya, di tebing tersebut telah tersedia tali yang dapat digunakan para pendaki sebagai alat bantu demi keselamatan. Menjelang magrib, Iwan dan Handoko telah berada kembali di kaki gunung Ringgit.

Kamis pagi pukul 10, Iwan kembali melanjutkan perjalanannya menuju Jakarta. Jalur pulang yang ia tempuh adalah jalur selatan pulau jawa. Hari itu ia melahap jarak Situbondo – Probolinggo. Malam hari ia menginap di Mapala Marabunta Univ Pancamarga.

Jumat, 8 Juni 2007, yang merupakan perjalanan hari ke-17 Iwan meneruskan perjalanan menuju arah Madiun. Ia memang mewajibkan dirinya untuk selalu singgah di sebuah desa di pinggiran kota kelahiran kedua orangtuanya. Terlebih lagi, sejak kepergian sang ayah tahun lalu, Iwan merasa sangat harus mengunjungi makam ayah yang sangat ia cintai. Perjalanannya hari ini hanya menempuh jarak Probolinggo – Kertosono. Iwan menuturkan bahwa saat ia melalui jalur Jombang – Kertosono, ingatannya menerawang ke masa dua tahun yang lalu, saat ia menuntaskan misi perjalanan bersepeda seorang diri untuk pertama kali dengan jarak Jakarta – gunung Rinjani, Lombok – Jakarta. Malam ini ia menumpang menginap di Pos Polisi Baron, Jawa Timur.

No comments: