Sunday, May 01, 2016

Day 28 Bersepeda Keliling Pulau Kalimantan

Day 28, Minggu, 1 Mei 2016 (Etape V, Tanjung Selor Kaltara - Samarinda Kaltim: 598 km)
Rute Perjalanan
Tadi malam Iwan menginap di sebuah masjid (lebih tepatnya disebut dengan mushola) yang berada di sebuah desa sangat kecil yang terletak selepas kecamatan Bengalon. Di desa tersebut hanya ada beberapa rumah saja.
Masjid tempat Iwan menginap tadi malam
yang berada di sebuah desa kecil
Menurut Iwan, suasana masjid itu sangat sepi. Tiap Magrib hanya ada satu orang yang menunaikan sholat di tempat tersebut. Satu orang ini, yaitu Pak Abidin, merangkap sebagai ketua masjid, imam, dan sekaligus muadzin. Saking sepinya, bila sholat Jumat tiba, jamaah sholat Jumat hanya diisi oleh 7 atau 8 orang saja. Begitu cerita Iwan, hasil perbincangan dengan Pak Abidin.
Suasana kabut di pagi hari di sekitar tempat
Iwan menginap tadi malam
Sejauh mata memandang
Pagi ini Iwan melanjutkan perjalanannya kembali. Target hari ini adalah kota Bontang yang terletak di pesisir Timur pulau Kalimantan.
Bontang 65 km lagi....
Menjelang tengah hari, Iwan mengabarkan bahwa ia telah berada di kota Sangata, Kalimantan Timur. Ia senang sekali akhirnya bisa bertemu dan berbelanja di sebuah toko swalayan. Maklum, selama ini ia membeli sembako di sembarang toko yang harganya lumayan mahal.
Ia menceritakan bahwa sebelumnya, ia selalu membeli air yang di masak di sebuah warung dengan harga Rp8.000 untuk ukuran 1500ml.
Di depan Indomaret, kota Sangata, Kaltim
Menu makan siang, karya Chef Iwan ^^
Semua jalan menuju Bontang, kok sepertinya
sama semuanya? "Berayun"
Menjelang pukul 18.49 WITA Iwan memberi kabar bahwa ia telah berada di persimpangan Bontang. Ia beristirahat di sebuah swalayan untuk menunggu sahabatnya, Mas Dedi, yang sedang berada di Kongbeng dan saat ini kabarnya sedang kembali menuju Bontang.

Pukul 19.19 WITA Iwan mengatakan bahwa ia masih berada di swalayan tersebut, karena Mas Dedi masih belum muncul. Sambil menunggu, Iwan menikmati semangkuk bakso dan minuman dingin kesukaannya.
Pukul 22.38 WITA kembali Iwan memberi kabar kepada saya. Kali ini ia mengatakan bahwa ia baru saja selesai makan dengan Mas Dedi dan malam ini menumpang nginap di rumah sahabatnya tersebut.
Reka rute hingga hari ke-28, tiba di Bontang
(started from Pontianak City, West Kalimantan)
Dikisahkan oleh Kuwat Slamet

No comments: