Saturday, May 14, 2016

Day 41 Bersepeda Keliling Pulau Kalimantan 2016

Day 41, Sabtu, 14 Mei 2016, Etape VIII (terakhir): Banjarmasin - Pontianak, 1479 km
Rute Perjalanan
Atas referensi seorang sahabat anggota STAPALA, akhirnya tadi malam Iwan menginap di Kantor Pajak KP2KP Kasongan, Kalimantan Tengah. Bahkan, Pak Soewito, kepala kantor tersebut menjemput Iwan langsung dari sebuah masjid di wilayah Kasongan. Ia dan staf menyambut hangat kedatangan Iwan.
Bersama Pak Soewito dan staf, di Kantor
KP2KP Kasongan, Kalteng
Di depan kantor KP2KP Kasongan Kalteng
Bersiap melanjutkan perjalanan kembali
Pak Wito, Kepala KP2KP Kasongan Kalteng
dengan sepeda tunggangan Iwan
Pagi ini, diiringi Pak Soewito dan staf, Iwan meninggalkan kantor Pajak tersebut untuk melanjutkan perjalanannya kembali. Pak Wito, begitu biasa dipanggil, tidak hanya mengantar sampai di depan kantor namun ia mengantar Iwan hingga di batas kota.
Pak Wito yang asli Ngawi ini telah menganggap Iwan sebagai saudara sendiri, terlebih lagi setelah tahu bahwa kedua orang tua Iwan berasal dari Madiun, sebuah kota yang berdampingan dengan kota Ngawi.

Saat siang menjelang, Iwan berada di wilayah Cempaga, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Ia beristirahat dan menunaikan sholat dzuhur di sana. Sayang, setelah itu ia tidak bisa langsung melanjutkan perjalanannya karena hujan lebat. Ia pun terpaksa menunggu beberapa jam hingga hujan agak mereda.
Saat hujan masih menguyur namun tidak terlalu deras, Iwan akhirnya nekad untuk mengayuh sepedanya dalam hujan. Maklum, ia harus bisa mencapai kota Sampit di sore hari yang jaraknya masih sekitar 55 kilometer dari tempat ia beristirahat.

Sekitar pukul 5 sore, Iwan mengabarkan bahwa ia telah memasuki kota Sampit, Kalimantan Tengah. Di kota ini, ia telah ditunggu sahabatnya, seorang anggota STAPALA, bernama Andri.
Ia pun menumpang nginap di rumah kost-an Andre malam ini.
Tiba di kota Sampit Kalteng
"Ibunya" nanas. Asal sampit
Menikmati ngupi di kostan Andre Stapala
Ngecek sepeda
Makan malam basamo
Reka rute hingga hari ke-41
Dikisahkan oleh Kuwat Slamet

No comments: