Monday, May 16, 2016

Day 43 Bersepeda Keliling Pulau Kalimantan 2016

Day 43, Senin, 16 Mei 2016, Etape VIII (terakhir): Banjarmasin - Pontianak, 1479 km
Rute Perjalanan
Iwan bisa beristirahat dengan nyaman semalam. Bahkan ia diperkenankan oleh para satpam perusahaan sawit untuk menggunakan kompor yang ada di bagian dapur. Jadilah ia memasak dengan cara yang sesungguhnya (catatan: biasanya ia menggunakan kompor portabel ala backpacker).
Masak...
Pagi ini menyempatkan diri berfoto ria dengan salah satu petugas keamanan perusahaan sawit, sebelum melanjutkan perjalanan. Target hari ini adalah bisa menempuh jarak sekitar 120 - 140an kilometer, mendekati perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.
Foto bareng dengan Mas satpam
Jam belum menunjukan pukul 10 pagi, tetapi Iwan sudah mengirimkan kabar bahwa ia telah berada di perbatasan memasuki wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng.
Memasuki wilayah kabupate Kotawaringin Barat
Kalimantan Tengah
Tak lama sejak memasuki wilayah Kabupaten Kutawaringin Barat, tepatnya saat berada di daerah Pangkalan Banteng, hujan turun lebat. Akibatnya, Iwan terpaksa meneduh selama hampir satu jam. Kondisi ini tenta saja menghambat laju perjalanan.

Setelah hujan mereda, kayuhan sepeda dilanjutkan kembali. Saat dzuhur menjelang, Iwan menepikan sepedanya di sebuah SPBU untuk beristirahat kembali dan menunaikan sholat.

Pukul 17.34 Iwan tiba di desa Runtu, Kecamatan Arut Selatan. Karena hari mulai gelap, ia mulai mencari tempat menginap yang nyaman. Tak lama kemudian, ia mendapati sebuah masjid di sana. Ia pun segera mengayuh menuju masjid dan meminta izin kepada pengurus untuk menumpang bermalam.
Alhamdulillah, Iwan diizinkan oleh pengurus masjid yang ternyata asli dari Jawa.
Hari ini jarak tempuh yang dapat diraih Iwan tidak mencapai 100 km.
Reka rute hingga perjalanan hari ke-43

Dikisahkan oleh Kuwat Slamet

No comments: