Tuesday, April 19, 2016

Day 16, Bersepeda Keliling Pulau Kalimantan 2016

Day 16, Selasa, 19 April 2016 (Etape IV, Sabah - Tawau, 546 km)
Rute Perjalanan
Alhamdulillah, pagi ini saya mendapat kabar dari Iwan. Seperti biasa, ia bertemu dengan orang baik hati yang berkenan meminjamkan hape nya untuk digunakan berkomunikasi dengan saya melalui whatsapp.

Iwan mengabarkan bahwa selepas Sabah, Malaysia ia salah mengambil jalur. Seharusnya, ia mengarah ke kota Tamparuli untuk mengarah ke Timur pulau Kalimantan. Namun karena ia tidak membekali diri dengan peta dan hanya mengandalkan papan petunjuk, ia terus mengarah ke Utara hingga mencapai kota Belud. Ia mengatakan bahwa jalur menuju Belud sangat terjal. Beberapa kali ia harus mendorong sepeda karena kondisi sepedanya sudah tidak sehat bila digunakan untuk "menghajar" tanjakan.
Salah jalur... Iwan menuju ke Utara (ke Kota Belud). Seharusnya ia ke Timur
Saat memberi kabar ia sedang berada di kota Belud dan akan kembali melanjutkan ke arah Timur. Di kota ini ia bertemu dengan Al Jo Biker, kelab sepeda kota Belud. Seorang teman yang baik hati, yaitu Mas Rafli, anggota kelab tersebut, mengirimkan foto-foto di bawah ini.
Menurut Mas Rafli, Iwan sedang mengecek sepedanya di bengkel yang ada di kota tersebut. Bahkan, ia harus mengganti rantai sepeda karena rantai tersebut sudah tidak pas dengan gear.
di Kota Belud, Sabah, Malaysia
Bersama pesepeda lain di kota Belud, Sabah
Melanjutkan perjalanan, meninggalkan kota Belud
Terpaksa ganti rantai karena tidak pas dengan gear
Hingga siang hari, Iwan masih berada di kota Belud. Rupanya saat mengecek sepeda ke bengkel, banyak bagian yang harus dibenahi. Lumayan eror berat, menurut Iwan. Selama di bengkel Iwan terus ditemani oleh Mas Rafli Sum. Bahkan Mas Rafli membelikan simcard handphoe bernomor Malaysia untuk digunakan oleh Iwan. Kini, saya bisa komunikasi langsung dengan Iwan.
Nomor telepon baru Iwan
Bersama Mas Rafli Sum, anggota Al Jo Biker, Belud Sabah Malaysia
Sebelum melanjutkan perjalanan, Iwan menyempatkan diri untuk sholat. Sebelumnya, mereka berdua menyantap makanan.
Santap siang
Foto kiriman Iwan
Gunung Kinabalu dikejauhan, kata Iwan
Sementara itu, kemarin Om Alex telah tiba di Kota Kinabalu. Saya mengetahui hal ini setelah ia memposting beberapa foto kota Kinabalu.

Dikisahkan oleh Kuwat Slamet

No comments: