Sunday, April 24, 2016

Day 21, Bersepeda Keliling Pulau Kalimantan

Day 21, Minggu, 24 April 2016 (beristirahat di kota Tawau Sabah Malaysia)
Rute Perjalanan
Rute tempuh hingga hari ke-20 (sejauh +/- 2.213 km)
Hari ini Iwan "terpaksa" beristirahat di kota Tawau, sebuah kota kecil paling Selatan dari negara bagian Sabah Malaysia. Kemarin sore ia telah tiba di sini.Namun, Iwan tidak bisa segera melanjutkan perjalanan dikarenakan penyeberangan ke kota Tarakan Kalimantan Utara baru ada pada hari Selasa.
Mau tidak mau, Iwan harus beristirahat dulu di kota ini. Saya hanya bisa mengatakan bahwa ini semua adalah rencana Allah untuk dirinya. Ya, saya meyakini bahwa Allah menghendaki agar Iwan memulihkan staminanya di kota ini.
Saat tiba kota Tawau, kemarin sore
Malam hari Iwan mengabarkan bahwa ia menumpang nginap di sebuah masjid raya. Saya minta agar ia mencari penginapan sederhana saja agar bisa lebih nyaman dalam memulihkan tenaga. Namun, dengan alasan budget, ia tetap memilih menginap di masjid raya.
Iwan juga mengatakan bahwa besok siang ia akan menyeberang dulu ke Nunukan. Ada seorang sahabat yang tinggal di sana, katanya. Selasa, barulah ia menyeberang ke Tarakan.

Pagi ini, Iwan diajak "jalan-jalan" oleh salah seorang jamaah masjid raya Tawau. Nama beliau adalah haji Bahar. Iwan juga diajak untuk ngopi dan sarapan.
Bersama Haji Bahar, keliling Tawau
Bersama Haji Bahar, jalan-jalan di Tawau
Siang hingga sore hari Iwan mengirimkan kabar kepada saya. Ia mengatakan bahwa siang tadi ia diajak kembali oleh Pak Haji Bahar untuk ngopi dan makan siang. Di saat kembali ke masjid, Iwan merasa seperti pulang ke rumah. Ia merasa betah di sana.
Di masjid tersebut, banyak juga jamaah yang numpang menginap. Iwan pun segera berbaur dengan mereka dan langsung tampak akrab. Bahkan, di kala senggang Iwan juga ngobrol-ngobrol dengan para pedagang kaki lima yang ada di sekitar masjid. Mereka bercengkerama layaknya sahabat yang telah lama saling kenal-mengenal.
Menurut Iwan, masjid raya ini sangat besar. Info yang ia dengar, masjid ini adalah masjid terbesar di negara bagian Sabah Malaysia. Ia menyempatkan mengirimkan beberapa foto kondisi di dalam masjid.
Tempat Wudhu Masjid Raya Tawau
Teras tempat Iwan menumpang nginap
Kios-kios pedagang di Masjid Raya Tawau
Halaman Masjid Raya Tawau
Bagian dalam Masjid Raya Tawau
Tempat Sholat, Masjid  Raya Tawau
Iwan juga mengabarkan bahwa besok pukul 8 waktu setempat, ia akan meluncur ke pelabuhan penyebarangan. Ia ingin berada di sana lebih awal, khawatir banyak hal yang harus dilalui, termasuk berurusan dengan kepabeanan Malaysia. Tujuan esok adalah Nunukan. Seorang teman sudah menantinya di sana.

Dikisahkan oleh Kuwat Slamet

No comments: