Saturday, April 23, 2016

Day 20, Bersepeda Keliling Pulau Borneo

Day 20, Sabtu, 23 April 2016 (Etape IV, Sabah - Tawau, 546 km)
Rute Perjalanan
Pagi ini Iwan melanjutkan perjalanan etape IV menuju target akhir, yaitu kota Tawau, Sabah, Malaysia. Dari sana nantinya ia akan menyeberang ke Tarakan, Indonesia, menggunakan speedboat dan selanjutnya menyeberang kembali ke pulau Kalimantan untuk menyusuri wilayah Timur pulau tersebut.
Bersama Pak Abdul Hakim, penjaga ladang
sawit, pensiunan tentara Malaysia
Bangunan di tengah itulah pos jaga ladang
sawit tempat Iwan menginap tadi malam
Sebelum meninggalkan pos sekuriti ladang sawit, ia menyempatkan diri berfoto bersama Pak Abdul Hakim, setelah salah seorang teman beliau datang ke kantor tersebut pagi ini. Iwan menuturkan bahwa tadi malam ia berbincang-bincang dengan Pak Abdul Hakim hingga larut malam.
Pos sekuriti dan kantor ladang sawit ini berada cukup jauh dari pemukiman warga maupun tempat tinggal para petugas ladang sawit.
Kembali, Iwan merasa bersyukur karena ia bisa menemukan pos jaga tersebut karena ternyata pagi ini ia mengabarkan bahwa satu kilometer setelah pos jaga tersebut adalah berupa jalan menanjak dan kanan-kiri berupa hutan sawit.
Pemandangan menuju Tawau
Indahnya....
Sejuk, tenang, dan damai....
Hutan Simpan, setelah ladang sawit
Siang hari Iwan berada di daerah bernama Balung. Ada masjid di sana. Ia pun beristirahat, menunaikan sholat, dan bahkan sempat masak di samping masjid.
Setelah sholat, masak di samping masjid, Balung
Satu jam lebih kemudian, Iwan mengirimkan kabar kembali bahwa ia telah memasuki perbatasan kota Tawau.
Memasuki kota Tawau. Masih 28 km lagi.
Menjelang sore hari Iwan mengabarkan bahwa ia telah tiba di kota Tawau. Inilah akhir perjalanan etape IV: Sabah - Tawau, sejauh kurang lebih 546 km.

Tiba di kota Tawau, Sabah, Malaysia, sore hari
Namun Iwan mengabarkan bahwa setelah ia melihat jadwal penyeberangan menuju Tawau, ternyata penyeberangan tersebut baru akan ada pada hari Selasa. Ini artinya Iwan harus stay di Tawau selama dua hari.
Saya pun menyarankan agar ia menikmati saja dulu dua hari berada di kota tersebut sambil memulihkan staminanya. Namun Iwan memiliki rencana lain. Ia mengatakan bahwa hari Senin nanti ia akan menyeberang dulu ke Nunukan untuk mengunjungi seorang teman yang tinggal di sana. Hari Selasa, barulah ia menuju Tarakan, untuk selanjutnya ke Bulungan Tanjung Selor, Kalimantan Utara.
Pelabuhan penyeberangan. Tutup hingga selasa.
Dikisahkan oleh Kuwat Slamet

2 comments:

Grin Dai said...

Hai all, ada promo baru nih dengan bayaran lumayan, cukup posting atau tulis review Anda akan mendapat bayaran tanpa batasan. Semakin banyak Anda posting atau menulis review maka semakin besar bayaran yang Anda terima. Untuk informasi lebih lanjut silahkan cek link ini ya guys: http://casinofounder.com/promosi/?lang=id


Vix alexa said...

Bagus sekali pemandangan nya :)
Thanks sdh share.

Nonton film box office
Download/Watch The Boy (2016)