Thursday, June 02, 2011

Day 40, BuB: Jakarta-Puncak Semeru-Jakarta

BERJALAN KAKI UNTUK BUMI
perjalanan ini didedikasikan untuk Adinda Tercinta, Almarhum Iwan Ketan

Kamis, 2 Juni 2011 (KEMBALI MENUJU JAKARTA)

Di Jembatan Jombang-Nganjuk

Pukul 7 pagi Iwan telah memberi kabar kepada saya. Saat ini ia sedang ngopi bersama sahabatnya yang sekaligus berperan sebagai "ajudan", mas Demo, di Kertosono. Disebut ajudan karena mas Demo dengan tulus iklas bersedia mengantar Iwan kemana saja bila ia sedang berkunjung ke Nganjuk ataupun Kediri.
Hari ini Iwan menargetkan untuk masuk ke kota Nganjuk. Di sana sudah ada 4 orang lagi sahabat-sahabatnya yang setia menunggu kedatangan Iwan di kota tersebut.
Khusus untuk sahabat-sahabatnya yang ada di Nganjuk ini, Iwan menceritakan bahwa persahabatan mereka telah terbina selama 11 tahun. Kelima sahabatnya ini merupakan anggota Mapala Pelita IKIP PGRI Kediri. Meskipun kelima sahabatnya tersebut telah menyelesaikan kuliah, namun persahabatan mereka tetap terjalin erat. Iwan bahkan merasa nyaman berada di tengah-tengah mereka. Menurutnya, mereka selalu antusias dengan setiap kedatangan Iwan di tempat mereka saat ia sedang berpetualang. Sedemikian baiknya kelima orang tersebut dalam memperlakukan Iwan, hingga Iwan pun memberikan julukan kepada kelima sahabatnya ini dengan sebutan "Punakawan".
Iwan juga menjelaskan bahwa setiap Iwan datang berkunjung maka tiap-tiap punakawan tersebut akan memberikan "sesaji" (ungkapan untuk sebuah pemberian-red) kepada Iwan. Dan di saat Iwan akan pulang mereka biasanya akan berkumpul membuat acara perpisahan. Hal ini sudah menjadi tradisi bagi mereka. Sebagai seorang petualang, perlakuan sesama pencinta alam seperti inilah yang tidak bisa Iwan lupakan.

Bersama Demo, sahabat di Nganjuk

Rute dan check point Iwan sampai hari ini, telah dipetakan oleh seorang sahabat, Ipank Dhany. Silakan klik di sini untuk melihat petanya. Peta perjalanan kembali ke Jakarta klik di sini.

(reported by kaes)


View Larger Map

Rute/Peta kembali ke Jakarta

View Larger Map

No comments: