Tuesday, June 14, 2011

Day 52, BuB: Jakarta-Puncak Semeru-Jakarta

BERJALAN KAKI UNTUK BUMI
perjalanan ini didedikasikan untuk Adinda Tercinta, Almarhum Iwan Ketan

Selasa, 14 Juni 2011 (KEMBALI MENUJU JAKARTA)

Pagi ini Iwan memasuki kota Purworejo. SPBU tempatnya menginap semalam memang tidak terlalu jauh dari kota tersebut. Pagi ini ia sempat berujar, "Udah 2 malam gw tidur kedinginan di mushola SPBU karena mushola-nya terbuka."
Meski letih, langkah kedua kakinya masih tegap. Bahkan telah lama ia tidak menggunakan pembalut wanita sebagai bagian dari alas kakinya.

Menjelang malam Iwan "nekad' menerobos kota Kebumen. Ia berharap bisa menemukan SPBU di sepanjang jalan kota tersebut untuk ia jadikan sebagai tempat beristirahat. Sayang, di sepanjang jalan kota ia tidak menemukan sebuah SPBU pun. Rupanya SPBU di kota tersebut terletak di jalan lingkar luar.
Iwan sempat mengeluh akan kondisi ini. Berikut sms yang saya terima darinya, "Semalam hari yang paling apes selama gw jalan. Dari sebelum masuk kota Kebumen sampe gw nginep di mushola RS Muhammadiyah Sruweng yang jaraknya puluhan kilometer, nggak ada satupun SPBU. SPBU kata penduduk ada tapi di jalan arteri yang nggak lewat kota. Pantes aja di sepanjang jalan banyak orang berjualan bensin eceran yang menandakan daerah Kebumen emang jauh dari SPBU. Padahal biasanya, di kota lain, jarak antar SPBU hanya 3-5km aja."

Keluhan ini cukup beralasan karena selama perjalanan berjalan kakinya ini Iwan lebih banyak mengandalkan SPBU sebagai tempat menumpang menginap di malam hari. "Gw tadi malam jalan udah di antara sadar dan nggak sadar. Kondisi mata dan kaki dah 'stadium tujuh'. Nggak kebayang dech kalo nggak ketemu RS Muhammadiyah, gw bakal tidur di pinggir jalan", ujar Iwan meneruskan sms-nya.

Rute dan check point Iwan sampai hari ini, telah dipetakan oleh seorang sahabat, Ipank Dhany. Silakan klik di sini untuk melihat petanya. Peta perjalanan kembali ke Jakarta klik di sini.

(reported by kaes)


View Larger Map

Rute/Peta kembali ke Jakarta

View Larger Map

No comments: