Thursday, June 09, 2011

Day 47, BuB: Jakarta-Puncak Semeru-Jakarta

BERJALAN KAKI UNTUK BUMI
perjalanan ini didedikasikan untuk Adinda Tercinta, Almarhum Iwan Ketan

Kamis, 9 Juni 2011 (KEMBALI MENUJU JAKARTA)

Pagi ini Iwan meninggalkan tepi kota Sragen. Targetnya hari ini adalah kota Solo alias Surakarta. Dalam status fb-nya ia mengatakan bahwa meski kaki telah loyo namun semangat tetap membara! Namun baru beberapa jam berjalan kaki, Iwan merasakan betapa berat pelupuk matanya. Perjalanan kembali menuju Jakarta ini dipastikan terasa melelahkan.
Pukul 09.17, Iwan menulis dalam fb, "Sialan, mata ngantuk. Terpaksa tidur dulu nich di pinggir jalan..." Hampir dua jam Iwan merebahkan tubuhnya yang kurus di pinggir sebuah jalan yang teduh sembari menjemur pakaiannya. Ia pun tidak bisa menargetkan tiba di kota Solo hari ini. Dalam fb-nya, pukul 10.56, ia menulis, "Hari ini nggak bakal sampe Solo. Lah gw dari tadi masih tidur di pinggir jalan Sragen....Tapi enak, puless..."

Memasuki kota Sragen pada tengah hari Iwan mengeluh tentang harga makanan yang mulai mahal. Maklum, selama perjalanan ini ia harus melakukan penghematan luar biasa, termasuk dalam hal memilih makanan. Tidur di malam hari pun ia harus mencari tempat gratisan, semisal SPBU. Terkait harga makanan di Sragen, ia berkomentar di fb, "Masuk Sragen makanan mulai mahal. Mie atan yang tadinya cuma 3.000 atau 3.500, sekarang goceng (5.000). Kalo dipikir-pikir enak banget tinggal di Jawa Timur, apa-apa serba murah."

Menjelang pukul 6 sore akhirnya Iwan tiba di pinggir kota Solo. Meskipun siang tadi ia agak pesimis bisa mencapai kota Solo namun dengan kegigihan dan ketabahannya ia pun mampu mencapai kota tersebut.

Menjelang pukul 8 malam, ia bahkan sempat nongkrong sejenak di depan Solo Square. Cuci mata dan cuci hati, katanya. Malam ini ia menuju ke posko Malimpa Universitas Muhamadiyah Solo untuk menumpang beristirahat di sana. Ia pun berencana untuk beristirahat satu hari penuh esok.

Rute dan check point Iwan sampai hari ini, telah dipetakan oleh seorang sahabat, Ipank Dhany. Silakan klik di sini untuk melihat petanya. Peta perjalanan kembali ke Jakarta klik di sini.

(reported by kaes)


View Larger Map

Rute/Peta kembali ke Jakarta

View Larger Map

No comments: